Fri. Sep 20th, 2019

Dirjen Bimas Kristen Membuka Sidang Sinode XVI GBI

SENTUL, Pantekostapos.com,- Setelah sempat ditunda selama setahun, pada tanggal 27 Agustus 2019 kemarin Sidang Sinode XVI GBI resmi dilaksanakan. Rangkaian sidang akan berlangsung hingga tanggal 30 Agustus 2019, dengan salah satu agenda utamanya adalah memilih Ketua Sinode masa bakti 2019-2024. Sebagaimana pada penyelenggaraan sebelumnya, sidang kali ini kembali diadakan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat. Adapun tema yang diusung kali ini adalah “Great Harvest” (Tuaian Besar) dan sub-tema “Menuai dengan Kuasa Roh Kudus.”


Dalam ibadah pembukaan Sidang Sinode XVI GBI, Ketua Umum BPH GBI Pdt. Dr. Japarlin Marbun mengingatkan bahwa GBI memiliki panggilan untuk turut menggenapi Amanat Agung yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu, GBI aktif terlibat dalam tujuh bidang pelayanan yang meliputi Penginjlan (marturia), Pengajaran (didaskalia), Penggembalaan (poimenoia), Persekutuan (kainonia), Peribadahan (leiturgia), Pelayanan (diakonia), serta Penatalayanan (oikonomia). Seluruh unsur dalam gereja, baik jemaat maupun pelayan, harus terlibat aktif di dalamnya.
Selanjutnya Pdt. Dr. Japarlin Marbun menerangkan pencapaian-pencapaian yang telah dicapai GBI dsejauh ini. Mulai penataan data base sumber daya manusia, transparansi pengelolaan keuangan melalui kerjasama dengan dua bank milik pemerintah, pelaksanaan program kerja pengembangan gereja dan jemaat, penataan sistem perekrutan pejabat gereja, penguatan dalam internal gereja, penguatan kerjasama antara pusat dengan daerah, serta peningkatan peran gereja bagi bangsa dan negera.
Di samping para pejabat GBI, tampak hadir dalam ibadah pembukaan tersebut adalah pimpinan Church of God dari Amerika Serikat, Pdt. Dr. Henriette Tabita Hutabarat-Lebang (Ketum PGI), Dr. Thomas Pentury (Dirjen Bimas Kristen), Lisa Mulyati, S.Sos, M.Si (Pembimas Kisten DKI Jakarta), Pdt. Yerry Tawalujan (Ketum Gerkindo), dan beberapa tokoh lain.
Secara khusus dalam sambutannya, Dr. Thomas Pentury mengapresiasi pencapaian GBI dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi tantangan gereja saat ini semakin kompleks. Bahwa saat ini secara keseluruhan jumlah anggota jemaat GBI telah mencapai angka 3,2 juta, hal tersebut menunjukkan keberadaan GBI sangat diterima oleh masyarakat. Untuk itu, ia berharap pencapaian-pencapaian ini bisa terus dilanjutkan. Setelah memberikan kata sambutan, Dr. Thomas Pentury melakukan pemukulan gong sebanyak tiga kali sebagai tanda dimulainya Sidang Sinode XVI GBI.
Pada Sidang Sinode kali ini, ada empat calon yang akan berkontestasi menuju kursi GBI 1. Mereka adalah Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Pdt. Dr. Yakub Nahuway, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, dan Pdt. Dr. Ferry Haurissa Kakiyai. Rob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *