Mon. Dec 9th, 2019

GAMKI akan Gelar Kongres XI Awal Agustus 2019

 

JAKARTA – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan GAMKI akan menggelar Konges XI. Hal itu terungkap dari pernyataan Ketua Umum GAMKI Michael Wattimena kepada awak media dari Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (PERWAMKI), Senin (29/7/2019) di Graha Oikumene, PGI.
Michael menceritakan, Kongres XI GAMKI akan digelar Kamis-Minggu (1-4/8/2019) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.
“Nanti yang akan membuka Kongres adalah Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya, Pak Luhut Binsar Panjaitan. Selain agenda pemilihan Ketua Umum, dan pembahasan program-program kerja. Kongres XI GAMKI juga akan diisi dengan sesi-sesi study meeting, dengan narasumber ada Ibu Puan Maharani Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ibu Susi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sekjen Kementerian Pertanian, Sekjen Kementerian Kominfo, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Morotai Benny Laos, Mindo Sianipar, Maruarar Sirait, Bara Hasibuan, dan yang lainnya,” kata Michael didampingi Ketua Pelaksana Kongres XI GAMKI, Sherlu Wattimena.

Dr.Michael Wattimena (Ketua Umum GAMKI)

Menurut Michael, agenda besar dalam kongres adalah memilih ketua umum GAMKI periode mendatang. Namun, ia menekankan, di samping itu ada hal yang tidak kalah penting adalah membicarakan tantangan serta cara untuk menghadapi tantangan GAMKI ke depan. “Bukan hanya momentum memilih ketum tapi lebih pada memperbincangkan hal-hal yang bersifat subtansif dan strategis, terutama untuk generasi milenial. Apakah generasi milenial sekarang masih tertarik dengan GAMKI? Minimal kita menemukan pola keinginan yang dimau generasi milenial saat ini,” jelasnya dan menceritakan berbagai tantangan yang pernah ia hadapai selama menjadi ketua umum, salah satunya menyatukan para pemuda yang berasal dari lintas sinode.
Tahun ini, tema yang diusung “Sejahterahkan Kota Dimanapun Kamu Berada, dan Doakanlah” (Yeremia 29:7) dan Subtema “Meneguhkan Nasionalisme Gereja, dan Ekumenisme Indonesia dengan Pancasila.” “Tema Kongres GAMKI tersebut, masih berkaitan dengan tema-tema Kongres sebelumnya yakni saat Kongres IX di Wisma Kinasih, temanya ‘Hendaklah Kamu berakar dan Bertambah Tegus’ (Kolose 2:7a), lalu pada Kongres X di Hotel Aryaduta Manado, ‘Roh Tuhan Ada Padaku, Untuk Memberitakan Kabar Baik’ (Lukas 4 ayat 18),” ungkap Michael.
Michael berharap usai kongres GAMKI harus tampil ke depan bersama elemen kebangsaan lain untuk memerangi gerakan-gerakan intoleran yang mau mengubah ideologi Pancasila. “GAMKI sebagai elemen kepemudaan gereja menegaskan bahwa ideologi Pancasila sudah final, dan itu berdasarkan hasil kesepakatan bapak pendiri bangsa (faunding father). Itu fakta sejarah tidak bisa dinafikan,” jelasnya.
Sementara itu, Sherly Wattimena menjelaskan panitia sudah siap dalam menyambut teman-teman GAMKI yang berasal dari seluruh DPD dan DPC yang ada di Indonesia. “Data sementara jumlah peserta yang kami sudah update per Jumat kemarin (26 Juli 2019), total 300 an peserta, dan ini masih akan bertambah lagi hingga beberapa hari ke depan,” ungkapnya. NW/RH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *