Menepis Isu Hoax, Pelantikan Pdt.Elion Numberi,M.Th, Gembala Alfa Omega Hamadi Jayapura; Ketum MP-GPdI: Sah Menurut AD-ART Bab VII Poin 5

Pelantikkan Gembala Jemaat, Pdt Elion Numberi, M.Th, Didampingi Istrinya Fiol

Jakarta,Pantekostapos.com,-Pendeta Elion Numberi, M.Th, Sosok Hamba Tuhan, yang selalu tampil low profil, dan rendah hati ini baru-baru lalu, pada acara Musyawarah Kerja Nasional Gereja Pantekosta di Indonesia (MUKERNAS GPdI) 2021 di Jakarta, menjadi “IKON GPdI” beliau mendapat kepercayaan dari Ketua Umum MP-GPdI Pdt DR. Jhonny Weol, MM, M.Th, untuk memimpin acara-acara persidangan di MUKERNAS GPdI dengan baik, mulai dari acara inti hingga usai acara. MUKERNAS GPdI tersebut berlangsung aman dan terkendali berkat kegigihannya memimpin dan mengarahkan seluruh peserta MUKERNAS, beliau selalu tampil dengan rasa percaya diri yang tinggi karena hanya dengan modal pengalamannya yang ia miliki, pernah duduk satu periode menjadi Anggota DPD RI 2009-2014, Anggota MPR RI 2009-2014 dan Anggota DPR-RI 2014-2019, Anggota MPR 2014-2019 menjadikan Hamba Tuhan yang tidak sombong ini, mampu menjalankan perintah dan amanah pimpinan serta bertanggung jawab dapat mengsukseskan hingga berakhirnya acara MUKERNAS sesuai harapan.

Hal-hal yang terkait dengan kegiatan MUKERNAS yang ditangani oleh Pendeta Lulusan S2 STT El’shaddai Sario Manado tersebut antara lain: menjadi MODERATOR dalam acara ORASI ILMIAH WAWASAN KEBANGSAAN, Pembicara: Prof. Dr ALI MOCKTHAR NGABALIN, dari Kantor Staff Presiden (KSP), RI, Dengan bahan Orasi Ilmiah yang disampaikan dan hasil akhirnya disimpulkan oleh Pdt Elion Numberi, M.Th, sebagai MODERATOR yang terkait dengan “Cara pandang Bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan Nasional mengenai jati diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara berdasarkan kasih dan cinta. Kesatuan atau Intergerasi Nasional tersebut bersifat kultural, mengandung satu Kesatuan Ideologi, Politik, Sosial Budaya, Ekonomi, serta Pertahanan dan Keamanan. Semua terangkum dalam satu Kesatuan Integrasi Bangsa baik lahir maupun batin semua Bersatu dalam satu rangkaian Emas Kesatuan dan Persatuan Bangsa. Dalam perkembangan, muncul kesadaran bahwa perjuangan bersifat nasional yang mampu menyatukan berbagai kekuatan yang ada”, Olehnya setelah mendengar pemaparan Orasi Ilmiah tersebut Ketua MP-GPdI dan Jajarannya serta seluruh Peserta MUKERNAS menyatakan dukungan penuh atas Orasi Wawasan Kebangsaa dimaksud. Kemudian dilanjutkan dengan memimpin jalannya persidangan terkait dengan pembacaan Jadwal Acara Mukernas dan Tata Tertib (Tatib) Bermukernas. Sebulan menjelang digelarnya MUKERNAS GPdI 2021, di Hotel Grand Mencure, Jakarta, Bapak dari Pdt. Elion Numberi, Bernama Pdt SIMSON ROBERT NUMBERI berusia 90 Tahun, Anggota Majelis Pertimbangan Rohani MP-GPdI, Gembala Sidang GPdI Hamadi Jayapura, Papua, berpulang ke Bapa di Surga/Meninggal Dunia.

Dengan meninggalnya Bapak dari Elion Numberi (Anak), maka berdasarkan aturan lembaga keagamaan organisasi gereja Gereja Pantekosta di Indonesia melalui Surat Keputusan (SK) bernomor: 342/MP-GPdI/SK/VII/021, Pengangkatan Gembala Jemaat yang mengacu kepada AD-ART GPdI 2012, BAB VII Poin 5 kalimat akhir, Pada tanggal 19 Agustus 2021 MP-GPdI MELANTIK SECARA RESMI, Pdt. Elion Numberi, M.Th, didampingi Istri Fiol Numberi secara VIRTUAL dikarenakan kondisi masih dalam situasi penerapan PPKM, dihadapan Jenazah Almarhum Pdt. Simson Robert Numberi dan dihadapan Tua-tua Sidang Jemaat GPdI Alfa Omega, Hamadi Jayapura, Seluruh Sidang Jemaat GPdI Hamadi, Utusan MD-GPdI Papua, Pimpinan-pimpinan Denominasi Gereja di Tanah Papua dan Pemerintah Daerah (Kejaksaan Tinggi Papua, Memberikn Sambutan) serta para pelayat lainnya ikut hadir dalam acara pelepasan dan Pelantikan/Pengangkatan Gembala Jemaat GPdI Hamadi Jayapura DEFINITIF, Pelantikkan Pengangkatan Gembala Jemaat dilakukan oleh Ketum MP-GPdI, Pdt DR. Jhonny Weol, MM, M.Th, didampingi Pdt Brando Lumatauw, M.Th, Bendum MP-GPdI dan pimpinan lainnya, dilakukan SECARA VIRTUAL dari Kantor MP-GPdI (Centra MP-GPdI Sunter Podomoro Jakarta Utara).

Pdt. Haezar Sumual, M.Th

Menurut Ketum MP-GPdI Pelantikan tersebut Adalah SAH secara hukum organisasi GPdI jadi kalau ada ISU yang berkembang TIDAK SAH, itu tidak benar isu yang sengaja dibangun untuk kepentingan MUSDA GPdI 2022 yang akan datang adalah HOAX. Hal tersebut dibenarkan oleh Pdt. Haizar Sumual, M.Th, Bendahara I MP-GPdI bahwa terkait dengan pelantikkan dari Pdt. Elion Numberi, M.Th, menjadi Gembala Jemaat Hamadi Jayapura adalah SAH berdasarkan AD-ART GPdI, jadi kalau di daerah-daerah khususnya di Papua ada yang mengatakan tidak SAH hal tersebut tidak benar/HOAX,” Ujar Haizar kepada Pantekosta Pos.

Pdt Gideon Kawer, Wakil Ketua, MD-GPdI Papua

Sementara itu, salah satu Pimpinan MD-GPdI Papua, Pdt Gideon Kawer (Wakil Ketua MD-GPdI Papua), dimintai tanggapan terkait adanya isu yang berkembang di Tanah Papua dan sekitarnya, menyangkut TIDAK SAH pelantikkan Pdt. Elion Numberi, M.Th menjadi Gembala Sidang GPdI Hamadi Jayapura bahwa isu tersebut adalah HOAX, Menurut Pdt Gideon Kawer mengatakan bahwa yang benar, “Adalah PELANTIKKAN tersebut adalah SAH MENURUT AD-ART GPdI, Berdasarkan BAB VII Butir 5 poin akhir menegaskan, dimana melalui penjelasan AD-ART GPdI 2012 menyatakan DALAM KEADAAN KHUSUS pengisian kekosongan Gembala Jemaat dilakukan oleh MAJELIS PUSAT GPdI”, Ungkap Gideon Kawer, Hamba Tuhan GPdI, Gembala Sidang di Biak, Papua, kepada Pantekosta Pos. Sementara itu, “Pdt. Elion Numberi, ditemui disela-selah acara MUKERNAS berlangsung diminta tanggapannya terkait dengan pelantikkan yang dilakukan oleh Pimpinan Gereja, Majelis Pusat-GPdI dalam hal ini adalah Pdt. Dr. Jhonny Weol, M.Th, MM sebagai Lokomitif GPdI kepada Pantekosta Pos mengatakan bahwa apa yang sudah terjadi adalah amanah dari Bapaknya almarhum Pdt Simson Robert, Kenapa harus MP-GPdI yang melantik Elion mengatakan bahwa pada waktu Bapaknya masih hidup, almarhum aktif sebagai anggota Majelis Pertimbangan Rohani Gereja Pantekosta di Indonesia (MPR-GPdI) Periode 2017-2022, almarhum adalah Gembala Senior, Pdt Elion Numberi (Anak), Anggota MP-GPdI yang menjabat sebagai Pengurus Harian Bendahara MP-GPdI, dan Anggota Departemen Organisasi MP-GPdI” dan semasa hidup almarhum Pdt. Simson Robert Numberi, masih sempat membuat rekaman video singkat dengan sebuah pesan kepada seluruh Hamba-hamba Tuhan GPdI/Pimpinan-pimpinan GPdI dan Umat GPdI hal-hal yang terkait dengan Menjaga Kesucian, Berdiri teguh diatas Kebenaran Firman Tuhan, Menjaga Doktrin GPdI, Menjunjung Tinggi AD-ART GPdI,” Ungkap Elion Numberi, Gembala Jemaat, GPdI Hamadi Jayapura yang sedang menyelesaikan Program Studi DOCTORAL S3 disalah satu STT terkenal di Jakarta dan Salah Satu Calon Ketua MD-GPdI Papua Tahun 2022 yang sudah menyatakan SIAP untuk MAJU pada MUSDA GPdI Papua yang akan datang. (Chemuel Watulingas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *