Mon. Apr 22nd, 2019

Munas Perwamki VI Resmi Dibuka oleh Sekjen Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti

JAKARTA, PantekostaPos.com — Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (Perwamki) pada hari Jumat, 22 Maret 2019 menggelar ibadah dan seremoni pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) VI.

Seperti diketahui Perwamki ini adalah suatu Komunitas Jurnalis Kristiani baik yang berasal dari media umum ataupun media Kristiani, Pembukaan Munas diadakan di Rehobot Function Hall Lantai 3 Mall Arta Gading, Kelapa Gading Jakarta Utara.

Organisasi ini lahir pada tahun 2003 dan sudah berbadan hukum perkumpulan berdasarkan SK Menkumham RI 2014.

Persidangan Munas Perwamki VI, akan berlangsung pada 23-24 Maret 2019 bertempat di Villa Pondok REM di kawasan Gunung Salak Bogor Jawa Barat. Sejumlah agenda yang dibahas dalam Munas VI, selain melakukan evaluasi kepengurusan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Yusak Tanasyah, amandemen AD/ART, juga akan memilih kepengurusan yang baru.

Rangkaian acara ini setelah pembukaan Munas maka puluhan jurnalis yang berhimpun dalam Perwamki, siap mengikuti Munas, mereka akan bersama-sama berangkat ke lokasi Munas selepas Pembukaan Munas yang berlangsung pagi hingga sore hari ini.

Pada acara Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (Perwamki) mengusung tema “Pergilah Memberitakan Kabar Baik (Markus 16:20), spirit untuk Memberitakan Kabar Baik.

Tampak hadir dalam pembukaan Ketua Umum PGLII Pdt. Dr. Ronny Mandang, perwakilan MPH PGI Bendahara Umum Ivan Rinaldi, Ketua Umum API Pdt. Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi, Sekjen MUKI Ega Mawardin, Pelmas PGLII Pdt. Yesaya Suharsono, Pdt. Roni, Yakub Pratama, Calon DPD Susana Sarumaha, caleg DPR RI PDIP, Sonny Kusumo, dan Caleg DPR RI PSI,Mangasi Sihombing dan ratusan peserta lainnya yang hadir.

Pelaksanaan Munas ke-6 ini sendiri didukung sepenuhnya oleh Ketua Umum Sinode GSKI Rehobot Pdt. Dr. Erastus Sabdono, Ketua Umum Sinode GBI Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Dirjen Bimas Katolik Drs. Eusabius Binsasi, Pdt. Dr. Abraham Conrad Supit dan Kementrian Kominfo RI.

Sekretaris Jenderal Kemkominfo RI Rosarita Niken Widiastuti, mewakili Menteri Kominfo Rudiantara, menyampaikan paparan sebagai Keynote Speaker, dengan topik “Fungsi Pers di Tahun Politik”.

Pelayan Firman Tuhan dalam Ibadah Pembukaan Munas ke-6, disampaikan oleh Pdt. Dr. Mulyadi Sulaeman.

Dalam khotbahnya yang diambil dari kitab Bilangan 13: 1-33 tentang 12 mata-mata yang diutus Musa untuk memata-matai suatu negeri yang dijanjikan Tuhan, ia mengatakan  itu diibaratkan 12 orang wartawan yang bertugas untuk liputan berita.

Yang harusnya bertugas memberitakan sesuai fakta dan keadaan. Namun sayangnya dari kedua belas utusan itu, 10 orang memberitakan negatif dan 2 orang yang diutus yakni Kaleb dan Yosua memberitakan yang positif.

“Perbedaan laporan mereka hanya pada kata ‘Tetapi’ namun dapat memiliki makna yang berbeda, yang satu melemahkan dan yang satunya menguatkan.

Di sinilah para wartawan harus berhikmat kepada Tuhan dalam pemilihan kata agar apa yang diberitakan menjadi berkat,” kata mantan ketua GSPdI ini.

Menyinggung tahun politik 2019 ini, Moelyadi mengimbau agar warga gereja, khususnya wartawan kristen untuk tidak memberitakan khabar bohong atau Hoax yang tengah marak saat ini.

“Berita kabar yang mencerdaskan dan memberi solusi,” harapnya. Acara didahului dengan ibadah dengan liturgos, Pdt. Dr. Sapta Siagian, M.Th, usai ibadah acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari tuan rumah sinode GSKI yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Erastus Sabdono.

Perwakilan Aras Gereja diwakili oleh Ketum PGLII, Pdt. Dr. Ronny Mandang, S.Th, mewakili Sinode Gereja, STT dan tokoh kristen kemudian kata sambutan sekaligus Keynote speaker pengantar diskusi kebangsaan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kominfo, Ibu Niken.

Munas Perwamki secara resmi dibuka oleh Menkominfo. Munas dilanjutkan dengan persidangan Munas di Villa Pondok REM dari tanggal 23-24 (Sabtu-Minggu) Maret 2019.

Terakhir dari hasil persidangan Munas di Vila Pondok REM, Gunung Salak, Margianto dan Agus Panjaitan terpilih jadi Ketum dan Sekum Perwamki.  

Melalui sambungan telpon Margianto (Ketua terpilih) mengatakan bahwa harapannya Perwamki dapat menjadi wadah wartawan Kristiani yang berwibawa, dan menjadi sentral berita kekristenan di Indonesia.

Program ke depan setelah dilantik, adalah bekerjasama dengan Kominfo dalam menyajikan isu-isu tentang kebangsaan dan kekristenan di Indonesia.

Rencananya,  akan melakukan audiensi dengan lintas kementerian, pembentukan pengurus DPD, serta konsolidasi wartawan di internal Perwamki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *