Pdt Ivonne I Awuy Lantu, Ketua MD GPdI Sulut, Gelar Aksi Solidaritas Kemanusiaan Di Bolmong Sulut

Pdt. Ivonne I Awuy Lantu (kiri atas)- Ketua MD GPdI Sulut

Pdt. Ivonne I Awuy Lantu (kiri atas)- Ketua MD GPdI Sulut

Bolaang Mongondow Utara, Sulut, Pantekostapos.com. Banjir adalah kejadian alam di mana suatu daerah atau daratan yang biasanya kering menjadi terendam air. Secara sederhana, banjir dapat didefinisikan sebagai luapan air dalam jumlah besar ke daratan yang biasanya kering. Banjir terjadi karena banyak hal seperti hujan yang berlebihan, meluapnya aliran sungai, sungai, danau atau lautan. Banjir sangat berbahaya dan berpotensi menyapu bersih seluruh kota, garis pantai atau daerah dan menyebabkan kerusakan luas pada kehidupan dan properti.

Banjir juga memiliki kekuatan erosi yang besar dan bisa sangat merusak. Baru-baru lalu banjir bandang menghantam Kabupaten Bolmong-Bolmut, Sulawesi Utara, yang berakibat kerugian diperkirakan Miliaran Rupiah. Dampak bajir bandang terparah berada di Kecamatan Sangkup, Bintauna, Bolagitang Timur dan Bolagintang Barat. Banjir merusak dan menggenangi ruas jalan Trans Sulawesi, pemukiman warga, fasilitas pemerintah, sekolah, serta area persawahan masyarakat dan memakan korban jiwa.

Petugasgabungan baik dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), Basarnas, SAR, TNI dan Polri bahu-membahu melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak bencana.

Pdt. Ir. Frengky Mewengkang,M.Th bersama hamba-hamba Tuhan GPdI wilayah Sang
Tombolang Bolmong

Tidak ketinggalan ditengah mengahadapi penanggulangan dampak banjir bandang tersebut, Tokoh-tokoh gereja yang tergabung dalam Majelis Daerah-Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) dan Komisi-komisi Daerah GPdI Sulut, dan Warga GPdI Ranoyapo Minsel, GPdI Tambun, GPdI Tumubuy, dan GPdI Wilayah Lolayan, bergabung menjadi satu rombongan dipimpim langsung Ketua Majelis Daerah Sulut, Pdt Yvonne Awuy lantu di dampingi Pdt Matheos Sumaah, MTh, Pdt Drs Julianus Natanael Kesek, MPdK (Bendahara), (Wakil Ketua), Pdt Dr, Ir Frangki Mewengkang, MTh (Wakil Bendahara) Pdt Dr. J.F. Kaawoan,MTh, (Biro Pendidikan dan Pengajaran), KD-Remaja GPdI dan KD Pelnap GPdI menngunjungi lokasi Bencana Banjir Bandang dalam rangka Solidaritas Aksi Kemanusiaan di Bolaang Mongondow Utara Sulut. Menurut Pdt Yvonne Awuy Lantu, kepada Pantekostapos.com, “kunjugan dan aksi sosial dan kemanusiaan ini dilaksanakan karena adanya sentuhan kasih dan motidavasi dari Tuhan untuk mengunjungi para hamba-hamba Tuhan serta para jemaat Tuhan khususnya warga GPdI di daerah terdampak banjir BolMut. Adapun lokasi yang menjadi Fokus kunjungan aksi solidaritas dan kemanusian ada 4 GPdI yang dikunjungi; GPdI Desa Sang Tombolang, penggembalaan Pdt Herry Daud, STh, GPdI Sidodadi, GPdI Huntuk, dan GPdI Pangkuasa. Aksi Solidaritas Kemanusiaan ini diprakasai oleh Pdt Ivonne Awuy Lantu, Gembala GPdI Sam Ratulangi Manado, disamping membagi Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan Uang Tunai yang langsung diterima para korban banjir bandang, juga dilaksanakan ibadah dan doa untuk memberikan pengguatan para hamba-hamba Tuhan dan jemaat yang terkena dampak banjir”ujarnya. Selain MD-GPdI Sulut membagikan sembako, Ketua KD Pelnap GPdI memberikan juga bantuan berupa alat Tulis Menulis, Pakaian, Makanan, Minuman, Snack dan Uang Tunai. Dari kunjungan tersebut menunjukkan betapa pedulinya para pimpinan GPdI Sulut terhadap para hamba-hamba Tuhan dan jemaat di Bolaang Mongondow Utara Sulut, olehnya para hamba-hamba Tuhan yang mendapat kunjungan tersebut mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Pdt Ivonne Awuy lantu dan jajarannya serta KP Pelnap dan KD Remaja GPdI Sulut atas aski soridaritas kemanusiaa ini. (Yvaine RM dan TIM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *