Fri. Sep 20th, 2019

Sidang Sinode GBI XVI Akan Dihadiri 4364 Peserta

Pantekostapos.com, Pesan utama Presiden Jokowi ketika bertemu dengan pimpinan Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang dinahkodai Pdt. Dr. Japarlin Marbun 2 tahun lalu tepatnya 21 Agustus 2017 di istana negara adalah “GBI diharapkan bisa membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan,” begitu penggalan kalimat yang disampaikan Ketua Sinode GBI,  Pdt. Japarlin Marbun didampinigi Pdt. Sutardi Rusli (Ketua Panitia Pelaksana Sidang Sinode ke XVI), Pdt. Naftali Untung, MTh (Sekretaris II BPH GBI) Pdt  Himawan Leonardo  (Sekretaris I BPH GBI), Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa,  MTH  (Bendahara Umum BPH GBI), Pdt. Joe Manalu, MTh  (Ketua Departemen DPA),  dan panitia lainnya di salah satu ruangan Sentul International Convention Center  (SICC), Kamis (15/8/2019) di hadapan  puluhan wartawan Kristen.

Masih kata Pdt. Japarlin Marbun, bahwa pelayan  Tuhan atau hamba Tuhan  tidak  hanya terampil  melayani namun harus mampu berkarakter  seperti Kristus.

Adapun  Sidang Sinode GBI  XVI selain  dihadiri 4364 peserta dan disediakan di 25 hotel sekitaran Bogor juga melibatkan unsur keamanan dan aparat terkait  yang berlangsung 27 – 30 Agustus  2019 ini mengangkat tema “Great G: Growing church

GBI berusaha dan berupaya mewujudkan 10.000 (sepuluh ribu) gereja yang bakal dibangun.

R: Relevant church
GBI akan menjadi gereja yang menjawab kebutuhan jemaat dan masyarakat.

E: Excellent service church
Pelayanan GBI harus yang terbaik (excellent) yang terus-menerus ditingkatkan.

A: Accountable church
GBI dapat mempertanggungjawabkan ajarannya secara alkitabiah dan teologis dan dari aspek organisasi mampu mempertanggungjawabkan urusan administrasi dan keuangan.

T: Transformation
Melalui keempat hal yang sudah disebutkan di atas, GBI mampu mentransformasi bangsa-bangsa melaluiBethel World Mission, salah satunya.)

Harvest,” dan sub tema “Menuai dengan Kuasa Roh  Kudus  (Kisah Rasul 1 ayat 8).” Dengan rangkaian kegiatan persidangan yang  terdiri pembukaan, seminar, pemilihan ketua umum Sinode GBI, pelantikan  pendeta, urai Ketua panitia pelaksana Pdt. Sutardi Rusli. Sebelum Sidang  Sinode GBI juga digelar diklat  calon pendeta di Cisarua,  Bogor 24 -27 Agustus 2019.T

Terkait dengan pemilihan calon ketua umum Sinode di sidang GBI ini sudah diputuskan sebelum Sidang Sinode mengerucut kepada 4 calon, yaitu Pdt. Dr. Japarin Marbun (petahana), Pdt. Dr. Jacob Nahuway  (mantan ketua umum Sinode GBI), Pdt. Dr. Ferry Haurisa, dan Pdt.Dr.Rubin Adi Abraham, tandas  Pdt.Japarlin Marbun.

Pdt. Himawan memaparkan terkait pencapaian kepemimpinan  Pdt. Dr. Japarlin Marbun  selama 4 tahun, yaitu penambahan gereja, dan lembaga-lembaga lainnya di seluruh  Indonesia sebanyak 1200. juga digitalisasi administrasi pemutakhiran  basis data, pembuatan virtual account kerjasama dengan BRI dan BCA,  sehingga para hamba Tuhan bisa membuka rekening atas nama organisasi gereja lokal GBI dan persiapan  sekolah Alkitab digital.

Hal itu juga diamini oleh sekretaris  panitia pelaksana sidang Sinode GBI, yang juga sekretaris GBI Jawa Barat, Pdt.Satria, bahwa penambahan gereja yang pesat terjadi di Kupang dan Jawa Barat mengalami penambahan gereja  (GBI) tapi tidak sebesar Kupang. (rh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *