Tokoh Kerukunan Beragama, Dr. John N Palinggi Menebar Kebaikan Di Bulan Suci Ramadhan & Meringankan Masyarakat Terdampak Corona di Lingkungan RW.04 Kedoya Selatan Jakarta Barat

Dr. John saat menyerahkan bantuan kepada Petugas kebersihan

Jakarta, Pantekostapos com. Pandemi virus corona yang sampai saat ini terjadi di tengah bangsa Indonesia, membawa dampak serius bagi keadaan ekonomi masyarakat. Terutama bagi mereka yang berstatus sebagai pekerja harian, atau mereka yang bekerja tak tetap, pasti mengalami himpitan ekonomi yang berat, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari saja tidak cukup. Swadaya masyarakat pun mulai bermunculan, untuk saling bergandeng tangan, membantu meringankan beban sesama.

Dr. John N Palinggi, MM, MBA (kedua dari kanan) berpose bersama dengan perwakilan Polsek Kedoya Selatan, para security dan tokoh masyarakat usai membagikan bantuan, Selasa (28/4) pagi.

Hal ini pula yang mendorong tokoh kerukunan umat beragama, Dr. John N Palinggi, MBA, untuk berbagi kasih kepada sesama. Dalam kehidupannya sebagai seorang pengusaha, Dr. John tak pernah lupa untuk menyisihkan berkat bagi orang lain, khususnya di tengah lingkungan tempat tinggalnya.
Selasa pagi (28/4), para petugas keamanan (security) dan petugas kebersihan kompleks RW 04 Taman Kedoya Baru, Kelurahan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk- Jakarta Barat, mendapat giliran untuk menerima bantuan sosial dari Dr. John Palinggi berupa beras 10 kilogram beserta uang tunai yang diserahkan secara langsung. Tampak hadir perwakilan dari Polres setempat yang mengawal pemberian bantuan tersebut.

Dr. John Palinggi menyerahkan bantuan beras dan uang tunai kepada petugas keamanan RW.04 Taman Kedoya Baru, Kedoya Selatan

Dr. John Palinggi, mengungkapkan bahwa, mereka yang bertugas sebagai petugas keamanan maupun tenaga kebersihan sudah dianggapnya sebagai saudara. “Karena itu, di bulan Suci Ramadhan ini, saya ingin berbagi sesuatu yang kiranya bisa membantu kehidupan kalian semua bersama keluarga,” tutur Dr. John Palinggi.
Saat ditemui di kantornya, usai memberi bantuan, Dr. John Palinggi menjelaskan bahwa,bantuan yang diberikan kepada petugas keamanan dan kebersihan itu merupakan lanjutan dari bantuan yang diberikan kepada warga RT 019, RT 01 dan Ponpes Al-Khairiyah dua hari menjelang bulan puasa (Rabu 22 April) yang lalu. “Bantuan kepada seluruh satuan pengamanan dan tenaga kebersihan seperti: tukang sapu jalanan, maupun tukang sampah berjumlah 100 karung beras (masing-masing 10 kg) dan uang tunai, “ tandas Dr. John sembari menambahkan bahwa di RW 04 Taman Kedoya Baru, Kedoya Selatan terdiri dari 19 RT dan dihuni lebih dari 1000 kepala keluarga.

100 karung beras (10 kg) siap dibagikan kepada para security dan petugas kebersihan

Dr. John menceritakan sewaktu dirinya menjabat sebagai ketua RW dua periode berturut-turut pernah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Walikota Jakarta Barat di bidang kebersihan lingkungan dan keamanan. “Waktu jadi ketua RW, saya buat program tanam 916 pohon sehingga lingkungan menjadi asri, bersih, nyaman dan aman. Jadi program utama yang saya tekankan adalah tentang kebersihan dan keamanan lingkungan. Kalau dua itu tercapai, maka muncullah ketentraman warga di sekitar kompleks,” tandas Dr. John Palinggi.

Dr. John palinggi saat menyampaikan pengarahan di hadapan security dan petugas kebersihan.

Dr. John mengungkapkan, melalui bantuan yang diberikan dapat menentramkan hati, terutama bagi saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa. “Karena ketika orang sedang berpuasa itu merupakan kenikmatan sendiri setelah menahan haus dan lapar, apalagi saat berbuka puasa. Apa yang saya beri itu sangat kecil, dan saya sadar bahwa semuanya itu adalah milik Tuhan. Dan saya ikhlas saja. Saya tidak mau memberi, dan meminta kemuliaan diri. Saya memberi itu supaya hanya Allah atau Tuhan yang dimuliakan.

Dr. John saat menyerahkan bantuan kepada Petugas kebersihan

Lanjut John, apa yang diberikan itu dapat bermanfaat bagi saudaranya terutama yang bertugas sebagai petugas keamanan dan kebersihan. “Saya berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan baik terutama di lingkungan kompleks RW.04. Walaupun berbeda suku, agama dan etnis. Saya juga berharap mereka tetap sabar dan sehat. Karena saat kita hadir, mereka bersemangat bahwa ada saudara yang perhatikan. Saya menempatkan diri saya sebagai saudara, karena terkadang tukang sampah, tukang sapu jalanan maupun security dianggap kecil. Tapi bagi saya mereka adalah saudara dan saya sangat menghargai pekerjaan mereka. Karena untuk apa kita menyombongkan diri, karena pada akhirnya kita akan masuk kubur tanpa membawa apa-apa. Dan pada akhirnya, pemberian ini juga merupakan wujud tanda terima kasih saya beserta keluarga kepada seluruh petugas keamanan. Sehingga lingkungan menjadi aman. Serta kami sekeluarga berterimakasih kepada saudara saya, petugas kebersihan, baik tukang sampah maupun tukang sapu jalanan. Sehingga lingkungan tetap bersih, sehat, asri, nyaman dan aman,” pungkas John.

Dr. John Palinggi seusai melakukan aksi berbagi kasih.

Salah satu petugas kebersihan yang tidak mau menyebutkan namanya sangat senang atas bantuan tersebut. “Saya sudah dua kali mendapatkan bantuan ini dari Pak John. Saya berterimakasih kepada Pak John, biarlah Allah terus memberikan rejeki kepada Pak John beserta keluarga. Dengan bantuan inj kebutuhan bisa tercukupi sampai Lebaran nanti,” ujarnya senang sembari melanjutkan tugasnya sebagai tukang sapu.
Sementara itu, Muhayar Koordinator Keamanan mengatakan, bantuan ini sangatlah berarti bagi dirinya dan rekan-rekan lainnya. “Pasti kami senang menerima bantuan ini. Sangat berarti terutama ditengah pandemi korona ini,” tandasnya. Ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *