Thu. Jun 27th, 2019

WCC Kutuk Serangan Teror Terhadap Masjid di Selandia Baru, dan Serukan Akhiri kekerasan

SWITZERLAND, PantekostaPos.com — Dengan sangat terkejut dan marah, Dewan Gereja-gereja se-Dunia (WCC) menerima berita bahwa 49 orang telah terbunuh dan sedikitnya 20 orang terluka dalam serangan teroris di masjid Al Noor di Christchurch dan di masjid di pinggiran Linwood di Selandia Baru.

Seperti dilansir news@wcc-coe.org, Pendeta Ray Coster, anggota Komite Sentral WCC dari Aotearoa, Selandia Baru mengatakan, “Kami berbagi dengan saudara dan saudari di keluarga ekumenis yang lebih luas tentang rasa sakit dan kesedihan kami di salah satu jam paling gelap di Selandia Baru dan mendoakan doa-doa mereka bagi banyak keluarga Muslim yang berduka atas hal ini. Beberapa keluarga ini mungkin adalah migran atau pengungsi. Mereka adalah bagian dari kita. Banyak yang datang mencari perlindungan dan keamanan karena Aotearoa, Selandia Baru dianggap sebagai tempat yang aman. Sebagai bangsa kita menghargai welas asih, kebaikan, dan toleransi. Apa yang kita lihat hari ini tidak memiliki tempat dalam budaya kita.”

Sekjen WCC Pendeta Dr Olav Fykse Tveit, menyatakan: “Kejahatan yang mengerikan terhadap perempuan, laki-laki, dan anak-anak pada saat mereka berdoa adalah serangan terhadap semua orang percaya dan serangan terhadap ikatan kemanusiaan bersama dan hidup berdampingan secara damai yang menyatukan kita semua. WCC berdiri dalam solidaritas dengan semua Muslim saat ini, terutama Muslim Aotearoa, Selandia Baru, dan mengungkapkan kecaman keras atas tindakan ini dan ideologi kebencian dan berbahaya yang berdiri di belakang mereka.”

Tveit menyatakan belasungkawa yang mendalam kepada komunitas Muslim, dan semua orang di Aotearoa, Selandia Baru, karena pembantaian ini merupakan serangan terhadap seluruh bangsa dan nilai-nilai penyertaan dan penghormatannya bagi semua warga negaranya. Dia menambahkan: “Kami berdoa agar semua komunitas Aotearoa, Selandia Baru akan datang bersama untuk mendukung mereka yang telah menderita dengan sangat mengerikan dan untuk menegaskan kembali komitmen bangsa terhadap keselamatan dan pertumbuhan semua rakyatnya”.

Tveit menyimpulkan: “Pada saat ini WCC menegaskan kembali komitmennya yang sudah lama ada untuk dialog dan harmoni dengan komunitas Muslim di dunia. Kami menegaskan kepada semua teman dan mitra Muslim kami bahwa kami benar-benar menolak tindakan seperti itu dan menyerukan semua orang Kristen untuk mengikuti cara Yesus Kristus dengan berusaha untuk hidup dalam damai dan menghormati semua tetangga kami, dan terutama berkomitmen untuk melindungi minoritas yang rentan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *